4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Berkendara

bloggerkalong.comSebelum memulai perjalanan memang ada baiknya untuk melakukan pengecekan terhadap kondisi mobil. Hal ini dimaksudkan agar kinerja kendaraan tersebut tetap dalam kondisi optimal saat melakukan perjalanan.
Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan kendaraan

Meskipun mobil tersebut kerap melakukan perawatan secara berkala di bengkel resmi, dengan melakukan pemeriksaan sebelum beraktivitas, tentunya dapat memberikan rasa aman dan nyaman selama perjalanan.

Pemeriksaan Pada Komponen Kendaraan

Sejatinya, untuk melakukan pengecekan tersebut tidak membutuhkan waktu yang lama. Pemilik mobil hanya perlu meluangkan waktu beberapa menit untuk melakukan pemeriksaan terhadap komponen penting mobil.
Adapun beberapa komponen yang tidak boleh luput dari pemeriksaan kendaraan sebelum perjalanan meliputi pelumas, air, kelistrikan dan sistem penerangan. Berikut bagian yang harus diperhatikan agar perjalanan lebih nyaman dan aman.

1. Oli Mesin

Pengukuran terhadap pelumas mesin ini sangat penting. Perhatikan ketinggian oli melalui batang serta lihat juga kondisi oli tersebut, sudah mengencer atau masih dalam kondisi yang baik.

Jika kondisi oli berkurang, lakukan penambahan oli agar performa mesin tetap terjaga dan tidak terjadi overheat pada bagian tersebut.

2. Air dan Minyak

Pemilik mobil kerap lupa untuk mengecek bagian seperti minyak rem, minyak power steering, air radiator dan air wiper. Padahal, komponen tersebut memiliki fungsi yang vital dalam berkendara.
Baca juga:
Perhatikan volume masing-masing komponen tersebut dan usahan berada pada batas maksimal yang dianjurkan oleh pembuat mobil.

3. Aki Mobil

Tidak hanya pelumas serta air yang harus diperiksa, tetapi untuk sistem kelistrikan yang bersumber dari accu, juga harus diperhatikan sebelum perjalanan.

Jika terlewat memeriksakan kondisi accu, bukan tidak mungkin mobil tidak bisa distarter lantaran arus pada komponen tersebut sudah melemah.

4. Lampu

Selagi memeriksa kondisi mobil, tidak hanya berkutat pada bagian mesin saja. Namun, dari sisi eksterior juga butuh perhatian sebelum melakukan perjalanan. Salah satunya adalah bagian penerangan, yakni lampu-lampu yang ada di depan dan belakang mobil.

Pastikan semua lampu tersebut menyala dan berfungsi dengan baik. Terlebih saat perjalanan harus melintasi malam hari, ini akan begitu penting untuk terlihat oleh kendaraan lain.

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

Posting Komentar

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang sopan sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

avatar
Admin Blogger Kalong Online
Selamat datang di Blogger Kalong
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!