Blog Plan, Caraku Agar Rutin Gajian dari AdSense

bloggerkalong.comMenurut Abe (2001) dalam Ovalhanif (2009), perencanaan merupakan susunan atau rumusan yang sistematis memuat langkah-langkah atau tindakan yang akan dilakukan di masa yang akan datang berdasarkan pada pertimbangan atas potensi, faktor eksternal serta pihak-pihak yang memiliki kepentingan dalam rangka mencapai suatu tujuan.
Blog plan membantu memperoleh income dari hasil ngeblog

Blog Plan, Target Rutin Gajian dari AdSense

Berdasarkan hal tersebut, sebagai blogger saya pun memiliki tujuan yang harus dicapai. Bukan hanya sekadar menulis artikel dan membagikannya melalui media sosial dan dibaca oleh orang lain, yang lebih penting dari itu adalah memperoleh income dari hasil ngeblog, yakni sering dapat job menulis artikel dan rutin gajian dari AdSense sebagai investasi.

Ya, jujur saja tujuan utama saya ngeblog adalah mendapatkan cuan. Adapun hasilnya tergantung bagaimana cara optimasi blog tersebut dikelola dari awal hingga banyak dikenal oleh pembaca karena memberikan manfaat melalui tulisan yang dibagikan.

Target Lulus Kelas Gratis BRT Network

Seperti saat ini, saya sedang mengikuti kelas gratis BRT Network. Dengan mengikuti BRT kelas Desember, diharapkan blog baru yang saya jadikan projek untuk dioptimasi ini pada akhirnya dapat terus berkembang sesuai yang diharapkan.

Selama dua minggu di kelas gratis BRT Network, saya banyak belajar tentang bagaimana mengatur sistem keamanan pada blog melalui pemeriksaan SSL (Secure Socket Layer) dan pemeriksaan blog dengan menggunakan tools Meta SEO Inspector.

Tidak hanya itu, saya pun memperoleh materi SEO Onpage, cara membuat artikel sesuai parameter SEO, perbaikan gambar postingan hingga mempelajari cara optimasi blog dengan menggunakan dua tools yang digunakan untuk menganalisis performa blog, yakni Google Analytics dan Google Search Console.

Dari serentetan kegiatan selama mengikuti kelas gratis BRT Network, saya pun memiliki target, yakni dapat lulus hingga selesai. Semua itu tentu saja harus melewati beberapa tahapan yang harus diselesaikan, diantaranya dapat mengumpulkan tugas yang diberikan oleh Coach sesuai dengan arahan dan tepat waktu.

Planning Minggu ke-3 di kelas BRT Network

Target seminggu selama mengikuti kelas BRT Desember ini, ada bebarapa yang sudah saya selesaikan seperti tertulis pada gambar, yakni pada tanggal 13 Desember, saya telah menyelesaikan perbaikan gambar dengan format webp pada postingan sesuai arahan Coach dengan menggunakan tools Node.js.

Planning selama satu minggu di kelas gratis BRT Network

Masih menggunakan tools node.js, saya pun melakukan perbaikan template blog yaitu dengan cara me-minify Cascading Style Sheets dan JavaScript agar lebih ringan saat diakses oleh pembaca. Perbaikan template tersebut saya kerjakan di tanggal 14 Desember.

Hari ini, tanggal 15 Desember saya merencanakan untuk membuat postingan blog plan sebagai tugas ke lima di BRT kelas Desember. Planning menulis blog planner tersebut harus selesai tepat waktu sesuai jadwal di kelas dan perencaan yang telah saya buat.

Rencana mingguan berikutnya agar dapat mengikuti kelas gratis BRT Network hingga selesai sesuai dengan harapan dan apa yang telah saya tulis pada flayer blog planning, yaitu mengedit kembali artikel yang paling lama, membuat artikel baru dengan label "Tekno", dan mengevaluasi kembali kaidah SEO sesuai 18 parameter yang telah saya dapatkan di kelas BRT Desember pada blog saya.

Planning Tahun 2022 Blog Bloggerkalong.com

Seperti yang telah saya paparkan di atas, tujuan utama saya ngeblog adalah agar memperoleh income, maka semua itu harus direncakan dengan matang sejak awal. Selain sering memperoleh peluang pekerjaan menulis artikel dari klien, target utama saya ngeblog adalah dapat memonetisasi periklanan AdSense dan memperoleh penghasilan secara rutin tiap bulan.

Planning di tahun 2020 untuk blog blogger kalong

Untuk mendapatkan itu, saya harus membuat perencanaan selama satu tahun, dan akan mulai diterapkan pada tahun 2022 nanti. Dari apa yang telah saya peroleh melalui belajar di kelas gratis BRT Network, saya akan memulainya dengan menulis artikel minimal dua kali seminggu agar blog tetap update dengan artikel terbaru.

Tidak hanya rutin menulis artikel, monetisasi iklan AdSense memperoleh penghasilan yang besar, maka sebelum menulis artikel, saya harus riset kata kunci yang memiliki nilai CPC (Cost per Click) yang besar serta mengoptimasi page view agar artikel yang telah saya buat berada di halaman pertama di mesin pencari google.

Blog Plan Teman Grup Kelas BRT Desember

Selama dua minggu mengikuti kelas gratis BRT Network Desember, sudah dua kali terbentuk grup WhatsApp dengan peserta yang berbeda dari grup pertama. Pemilihan peserta tersebut ditentukan oleh Coach langsung.

Di grup WhatsApp yang kedua, saya berada di Kelompok I yang berisi 4 emak-emak blogger yang kece badai dan saya sendiri.

1. Mbak Sakifah 

Mbak Sakifah adalah pemilik blog Hijrah Finansial for Muslim. Selain ngeblog, kegiatan beliau sehari-harinya sebagai tenaga pengajar di salah satu SMA di Jakarta. Selama berada di grup, beliau aktif membantu teman-teman yang mengalami kendala dengan tugas yang diberikan di kelas.

Dibanding saya, beliau termasuk orang yang mudah menangkap materi yang disampaikan oleh coach saat kegiatan pembelajaran berlangsung di kelas gratis BRT Network.

2. Teh Triani Retno

Teh Triani Retno, merupakan Admin dari blog Ada Resensi. Beliau adalah si kutu buku yang telah menulis beberapa buku, mulai dari buku anak, remaja, dan dewasa. Beliau sudah lama malang melintang di dunia blogger, bahkan sering memenangkan lomba menulis blog. Pokoknya keren abis deh!.

Di grup kecil, Teh Triani Retno tidak pernah malu bertanya dan menjawab pertanyaan teman yang lain saat mengalami kesulitan. Sering kali juga membuat candaan saat berdiskusi agar lebih santai.

3. Mbak Siti Nurhayati Febriana

Mbak Siti Nurhayati Febriana atau yang biasa dipanggil Mbak Nana adalah pengelola dari blog Story of a Thankful Mom. Di blognya, beliau berfokus menulis tentang traveling, parenting, wisata kuliner hingga quotes kebaikan.

Dari keempat emak-emak blogger yang berada di kelompok I, Mbak Nana juga aktif berinteraksi dan bertanya di grup saat mengalami kesulitan yang belum dapat diselesaikannya. Interaksi seperti itu membuat grup WhatsApp di smartphone saya tidak pernah sepi dari notifikasi.

4. Teh Nurul Fitri Fatkhani

Penyuka dunia tulis menulis sejak masih belajar di bangku sekolah ini memiliki beberapa blog, salah satunya yaitu blog Wisata Jalan dan Jajan. Ya, Teh Nurul Fitri Fatkhani adalah blogger yang telah memiliki segudang prestasi, mulai dari sering memenangkan lomba menulis blog hingga membuat buku solo dan beberapa buku antologi.

Di kelompok I, kelas gratis BRT Network, sama dengan ketiga emak-emak blogger segrup, beliau juga sangat aktif berinteraksi. Keaktifan beliau tidak lain tujuannya agar seluruh peserta BRT kelas Desember, terutama di kelompok I dapat bersama-sama lulus mengikuti kelas hingga tahap akhir.

Penutup

Meski baru empat hari berada dalam satu grup yang sama, kami saling aktif berinteraksi membahas materi yang telah disampaikan oleh coach. Kami juga saling membantu memberi solusi, jika ada yang bertanya atau mengalami kesulitan saat mengerjakan tugas. Yang paling berkesan di kelompok I, sering membuat candaan untuk menghangatkan suasana saat berdiskusi.

Sesuai jadwal yang telah dibuat oleh coach untuk membuat artikel tentang blog plan pada tugas ke lima, saya melirik blog plan dari Teh Triani Retno. Pada blog Ada Resensi, Teh Triani Retno membuat Blog Plan selama satu minggu berada di kelas BRT Desember sangat lengkap dan terperinci.

Plan blog tahun 2022 nya pun sangat lengkap. Selain berfokus pada update artikel organik dua kali sepekan, Blognya pun memiliki target menaikkan Domain Authority mencapai angka 15 lebih. Bahkan planning beliau di tahun 2022 nanti, dari blog yang dikelolanya memperoleh penghasilan lebih dari 10 juta, keren banget kan?. 

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

1 Comments:

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang sopan sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

avatar
Admin Blogger Kalong Online
Selamat datang di Blogger Kalong
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!