10/04/2021

Tips Agar Ban Sepeda Motor Awet dan Tahan Lama

bloggerkalong.com - Ban menjadi komponen yang penting bagi kendaraan bermotor. Pasalnya, ban menjadi satu-satunya komponen kendaraan yang menyentuh jalanan, dan berhubungan dengan kenyamanan dan keselamatan saat berkendara.

Tips merawat ban sepeda motor agar awet

Ada banyak fungsi ban motor, seperti menahan beban motor, penumpang dan pengendara, memindahkan putaran menjadi gerakan maju dan mempunyai kemampuan menghentikan kendaraan.

Ban juga memiliki kemampuan meredam getaran ketika kendaraan menerima momen saat berjalan, dan kemampuan menjaga dan merubah arah kendaraan.

Tips Agar Ban Sepeda Motor Awet

Pentingnya perawatan ban turut mendukung kenyamanan pemakaian sepeda motor dalam beraktivitas. Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam perawatannya. Berikut ini tips bagi pengguna sepeda motor agar ban sepeda motor yang dimiliki awet dan tahan lama.

Tekanan Udara

Tekanan udara harus diperiksa sesuai dengan tipe motor, karena semakin tinggi cc motor semakin besar pula bobot atau berat dari motor tersebut. Memeriksa tekanan udara ban secara rutin penting supaya kita bisa mengetahui ban dalam kondisi kempes atau tidak, jika kondisi ban kempes, segera tambah angin ban, dan jangan paksakan mengendarai motor ketika ban dalam kondisi kempes. 

Ban yang kempes akan mudah bocor, bahkan sampai bisa retak. Jangan memberi tekanan angin terlalu tinggi dalam mengisi udara ban karena ban juga berisiko pecah atau meledak. Jadi saat  pengisian angin ban sebaiknya cek dulu kondisi ban. Tekanan udara setiap tipe motor dapat dilihat di buku manual service.

Isi ban dengan nitrogen, ban yang diisi dengan nitrogen memiliki tekanan yang lebih stabil dan tidak terlalu cepat memuai jika dibandingkan dengan angin biasa.

Bersihkan Permukaan Ban

Cek permukaan ban jika terdapat kerikil atau benda tajam yang menyangkut di ban, agar terhindar dari kebocoran ban. Bersihkan ban secara rutin agar bersih dari kotoran yang menempel pada ban.

Kotoran, debu atau pasir yang menempel di ban bisa menyebabkan ban mudah bocor atau pecah. Saat membersihkan ban, sebaiknya gunakan sikat dengan membasahi ban terlebih dahulu dengan air sabun.

Over Kapasitas

Usahakan beban tidak melebihi standar kapasitas motor tersebut. Karena ban akan cepat rusak jika beban terlalu berat. Dalam mengangkut muatan sebaiknya sesuaikan dengan kapasitas kendaraan.

Mengangkut muatan melebihi kapasitas bisa menyebabkan ban cepat aus dan bisa juga membuat ban mudah pecah atau retak. Hal ini sudah pasti membahayakan keselamatan saat berkendara sepeda motor.

Hindari Parkir dibawah Terik Matahari

Sewaktu memarkirkan sepeda motor sebaiknya ditempat yang teduh. Jika Anda parkir di bawah terik matahari bisa membuat tekanan angin ban meningkat karena pemuaian udara akibat terkena panas. Hal ini sudah pasti berisiko bisa membuat ban mudah aus dan akhirnya pecah.

Itulah beberapa tips agar ban motor awet dan tahan lama. Semoga tips ini bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu menjaga kondisi sepeda motor secara rutin dan lakukan servis berkala pada bengkel resmi.

bm

Seorang blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

Posting Komentar

Mohon untuk memberikan komentar dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup serta tidak meninggalkan spam...!!!

Terimakasih banyak atas perhatiannya...

avatar
Admin Blogger Kalong Online
Selamat datang di Blogger Kalong
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!
Chat with WhatsApp