Cara Mengetahui Pinjol Legal atau Ilegal dengan Mudah

bloggerkalong.com - Maraknya pinjaman online di masyarakat saat ini, mengakibatkan banyak sekali kerugian serta keluhan masyarakat atas adanya pinjaman online yang melakukan praktik rentenir. Pinjaman online tersebut mencekik dan merugikan masyarakat.
Cara Mengetahui Pinjol Legal atau Ilegal dengan Mudah

Perkembangan kegiatan fintech peer to peer lending ilegal sangat meresahkan, karena di tengah pandemi Covid-19 masih ada penawaran pinjaman tanpa izin.

Cara Mengetahui Pinjol Legal atau Ilegal

Oleh karena itu, sebelum Anda menjadi nasabah pada platform pinjaman online, ada baiknya ketahui terlebih dahulu beberapa hal yang dapat membedakan antara pinjol legal dan ilegal. Berikut ini cara mudah untuk mengetahui pinjol (pinjaman online) legal dan ilegal, yakni:

Terdaftar Resmi di OJK

Platform pembiayaan digital dengan lisensi multifinance yang legal dan terdaftar resmi di OJK, inovasi teknologi yang dikembangkan akan mampu memberikan alternatif pembiayaan dan penyaluran kredit bagi masyarakat secara aman dan mudah.

Langkah yang dapat diikuti agar terhindar dari transaksi bodong yang dilakukan oleh oknum pinjol ilegal, yaitu dapat membedakan antara fintech pembiayaan legal dan pinjol ilegal. Caranya, sebelum bertransaksi, pastikan selalu platform pembiayaan tersebut sudah terdaftar resmi di OJK,

Informasi tersebut dapat diakses secara mudah melalui website OJK. Dalam hal ini, OJK juga bekerjasama dengan Google terkait syarat aplikasi pinjaman pribadi di Indonesia yang sering disalahgunakan oleh pinjol ilegal.
Baca juga:
Terhitung sejak tanggal 28 Juli 2021, Google menambahkan persyaratan tambahan kelayakan bagi aplikasi pinjaman pribadi antara lain berupa dokumen lisensi atau terdaftar di OJK, sehingga pinjol ilegal tidak dapat mengunggah aplikasi di Google.

Aplikasi Pinjol Resmi

Gunakan aplikasi pinjaman resmi dan mengunduhnya hanya dari dari Play Store (untuk ponsel Android) dan App Store (untuk ponsel iOS), karena jika aplikasi yang diunduh berasal dari sumber tidak resmi akan berpotensi memberikan akses pada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil data pribadi Anda melalui berbagai malware hingga adware.

Izin Akses Aplikasi

Masyarakat juga perlu dengan seksama memahami seluruh persetujuan dan data apa saja yang hendak diakses aplikasi dari smartphone, jangan terlalu cepat mengklik 'setuju' sebelum menggunakan aplikasi tersebut, karena oknum yang tidak bertanggung jawab bisa dengan mudah mengakses seluruh data pribadi yang ada dalam smartphone.

Bunga yang Diberlakukan

Pahami bunga yang diberlakukan. Konsumen fintech pembiayaan maupun multifinance harus mempertimbangkan bunga yang diberlakukan setiap penyedia layanan kredit. 

Pertimbangan ini bisa berdasarkan kemampuan konsumen untuk membayar besaran bunga tersebut, serta apakah masih dalam koridor batas wajar besaran bunga yang ditetapkan oleh OJK.

Pelajari Hak dan Kewajiban

Pelajari hak dan kewajiban transaksi. Seringkali konsumen melewatkan penjelasan hak dan kewajiban, padahal informasi tersebut penting untuk dipelajari. Konsumen harus paham secara keseluruhan mengenai hak dan kewajibannya serta resiko yang akan ditanggung di kemudian hari.

Penutup

Saat ini masih ada penawaran fintech lending ilegal yang sengaja memanfaatkan kesulitan keuangan sebagian masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Oleh sebab itu masyarakat dapat mengenal daftar perusahaan yang tidak memiliki izin dari otoritas berwenang dengan mengakses informasi di Investor Alert Portal pada situs www.sikapiuangmu.ojk.go.id.

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

Posting Komentar

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang sopan sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

avatar
Admin Blogger Kalong Online
Selamat datang di Blogger Kalong
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!