Pentingnya Optimasi SEO Website Untuk Bisnis

bloggerkalong.com - Memiliki sebuah website ataupun blog, tidak melulu hanya menulis artikel dan membagikannya pada pembaca. Terlebih website yang dikelola tersebut merupakan website bisnis, yang mana melalui tulisan dapat mengajak pembaca maupun orang yang ingin bekerjasama ataupun membeli produk yang kita jual dapat tertarik.
Inilah pentingnya optimasi SEO pada website  untuk bisnis agar mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian Google

Karena hal tersebut diatas, sebuah website harus dapat secara penuh mengoptimalkan di mesin pencari agar mudah ditemukan oleh orang lain. Dengan menerapkan optimasi SEO secara baik, website yang dikelola dapat bertahan di halaman pertama mesin pencarian google. Jadi sangatlah efektif jika SEO juga diterapkan untuk digital marketing.

Sebab itulah SEO (search engine optimization) hingga kini masih menjadi salah satu metode digital marketing yang sangat penting. Dengan SEO, kualitas website yang Anda kelola dapat menjadi penentu performa website di hasil pencarian.

Dengan penerapan SEO yang baik, tidak menutup kemungkinan website Anda miliki lebih mudah memperoleh peringkat teratas di hasil mesin pencarian (search engine). Dengan begitu website yang Anda kelola akan lebih mudah ditemukan oleh siapa saja melalui mesin pencari. Karena itulah pentingnya optimasi SEO pada website yang agar memperoleh ranking tertinggi di hasil pencarian Google.

Pentingnya Optimasi SEO Website Bisnis

Untuk suksesnya pemasaran produk, menerapkan ilmu SEO masih sangat relevan dan akan terus relevan demi kesuksesan digital marketing. SEO juga menjadi penentu posisi website di hasil pencarian.

Jadi sangat disayangkan jika Anda memiliki sebuah website maupun blog tidak tidak terus belajar secara konsisten penerapan SEO. Alhasil website yang Anda miliki jarang sekali yang mengunjungi.
Baca juga:
Pertanyaannya sekarang, mengapa kita sebagai pemilik website harus dapat mengoptimasi SEO secara penuh dan apa manfaat yang peroleh dari SEO tersebut.

Mesin Pencari Sebagai Sumber Informasi Utama

Perilaku masyarakat yang berubah dalam mencari sebuah informasi yang relevan tidak lepas dari kemajuan di bidang teknologi saat ini. Dengan menggunakan media internet dalam mencari sebuah informasi salah satu cara yang digunakannya.

Kini masyarakat hanya dengan satu klik saja bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan, yakni menggunakan mesin pencari di google. Jadi, mesin pencari merupakan sumber informasi utama.

Pengguna internet di Indonesia, hampir 75 persennya terbiasa menggunakan mesin pencari seperti google untuk mencari berbagai macam informasi yang dibutuhkan. Mulai dari informasi berita yang up to date, informasi harga, informasi kesehatan bahkan informasi dunia perpolitikan di Indonesia

Trafik Didominasi di Halaman Pertama

Menurut penelitian, hampir 91,2 persen trafik pengunjung didominasi oleh website yang muncul di halaman pertama hasil pencarian. Agar memperoleh trafik yang lebih besar, sebuah website tidaklah cukup hanya muncul di hasil pencarian google saja. 

Jika website hanya muncul di halaman kedua, ketiga, atau di atasnya, maka kemungkinan besar untuk mendapatkan trafik tinggi lebih kecil.

Dari hasil penelitian tersebut juga menyimpulkan bahwa tiga posisi teratas halaman pertama hasil pencarian google memperoleh sebagian besar trafik. Jika diurutkan, posisi pertama, kedua, dan ketiga masing-masing mendapatkan trafik sebesar 29,6 persen, 13,1 persen, dan 9,2 persen.

Dengan menggunkan metode optimasi SEO yang baik, salahsatunya dengan penerapaan kata kunci yang tepat, memungkinkan website yang anda miliki dapat mudah ditemukan di mesin pencari.

Gunakan kata kunci yang berhubungan dengan topik utama, semisal topik utama website atau blog Anda membahas tentang kesehatan, maka dengan begitu website Anda dapat menjangkau lebih banyak trafik dengan berbagai kata kunci.

Meskipun begitu, jika website utama Anda membahas tentang kesehatan maka tidaklah harus selalu membahas tentang kesehatan. Gunakan kata kunci yang ada kaitannya dengan kesehatan sebagai target pencarian. Misalnya membahas tentang aplikasi kesehatan, tips menjaga kesehatan, atau berita seputar kesehatan

Membangun Brand Awareness

Kemampuan konsumen mengenali atau mengingat sebuah merek tertentu, seperti nama website, maupun produk yang dipromosikan melalui website Anda sangat berperan besar dalam keputusan seseorang untuk membeli sebuah produk. 

Jika semakin mudah website ditemukan di mesin pencarian Google, tidak menutup memungkinan semakin banyak pula yang mengetahui website Anda. Dengan begitu masyarakat akan familiar dengan bisnis Anda melalui website.
Baca juga:
Tidak hanya dapat mengundang konsumen untuk membeli sebuah produk yang mereka butuhkan dari bisnis Anda, brand awareness juga dapat mengajak konsumen untuk terus membeli produk dari bisnis yang Anda tawarkan melalui website. Calon konsumen akan membeli barang atau menggunakan jasa dari nama yang mereka percaya dan mudah dikenali.

Trafik dari SEO Lebih Mudah Dikonversikan

Alasan hingga kini SEO sangat penting bagi bisnis yaitu dapat memberikan kemudahan bagi pengunjung untuk sebuah website untuk mencari informasi yang relevan sesuai yang dibutuhkan.

Dalam mengembangkan bisnis secara online melalui pemasaran di media sosial, salah satunya menggunakan blog/website, SEO sangat lah dibutuhan untuk mengembangkan bisnis.

Dengan optimasi SEO, pengunjung website yang berasal dari trafik organik cenderung lebih mudah tertarik menjadi pelanggan tetap dibandingkan dengan trafik yang berasal dari media sosial. Dan trafik dari pencarian organik ini 10 kali lebih mudah dikonversikan.

Penutup

Memasuki ZMOT (Zero Moment of Truth), dalam mencari sebuah informasi, sebagian besar pengguna internet di seluruh dunia lebih mengandalkan mesin pencari. ZMOT sendiri adalah keadaan dimana manusia lebih mengandalkan mesin pencari untuk mencari sebuah informasi produk atau jasa sebelum melakukan pembelian barang meskipun keberadaan toko secara fisik ada.

Saat ini hampir lebih dari 88 persen konsumen di seluruh dunia melakukan riset secara online sebelum melakukan pembelian produk. Keadaan ini menuntut pemilik bisnis harus dapat menghadirkan digital marketing yang baik agar bisa selalu ditemukan. 

Cara terbaik untuk membangun bisnis online adalah dengan mengoptimalisasikan SEO sebuah website untuk kelancaran bisnis.

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

Posting Komentar

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang sopan sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

avatar
Admin Blogger Kalong Online
Selamat datang di Blogger Kalong
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!