Tips Membuat CV Online Gratis untuk Melamar Pekerjaan

bloggerkalong.com - Curriculum Vitae atau CV lamaran kerja merupakan dokumen yang berisi informasi singkat mengenai si pelamar. Jika ingin melamar kerja, biasanya pihak perusahaan akan meminta kepada calon karyawannya untuk mengirimkan dokumen wajib berupa CV.
Cara membuat CV untuk melamar pekerjaan secara online

Di dalamnya terdapat informasi singkat seperti nama, tempat tanggal lahir, latar belakang pendidikan, informasi kontak hingga pengalaman bekerja atau organisasi dan keahlian yang dikuasai. Melalui CV, pelamar harus bisa mendeskripsikan kelebihan yang dimiliki secara ringkas dan padat.

Jangan membuat CV terlalu panjang karena akan menyulitkan perusahaan untuk membacanya. Selain berisikan informasi pribadi, CV juga harus didesain semenarik mungkin untuk mendapatkan perhatian dari HRD perusahaan.

Tips Membuat CV Online

Agar dilirik oleh HRD perusahaan, tentu Anda harus memiliki kemampuan dan pengalaman yang meyakinkan. Namun, ada lagi tips membuat CV online untuk melamar pekerjaan yang tidak boleh terlupakan.
  • Buat desain CV sesuai dengan lowongan pekerjaan. Jika akan mengirim lamaran seperti ke industri keuangan, silakan gunakan desain CV yang resmi. Jika akan mengirim lamaran ke media atau yang bersifat kreatif, CV pun harus disesuaikan.
  • Tetap buat CV yang ramah ATS, karena perusahaan tentu akan menggunakan teknologi digital tersebut untuk mempercepat review ribuan CV. Setidaknya Anda harus menggunakan template yang formal, font standar dan mengoptimalkan penggunaan kata kunci
  • Buat layout seperti heading yang simpel, jelas dan konsisten.
  • Jangan lupa untuk memberikan jarak spasi antar kalimat di dalam CV.
  • Urutkan pengalaman kerja dari tahun terbaru dengan informasi lengkap seperti posisi pekerjaan, nama perusahaan, job desk, pencapaian dan lama kerja.
  • Tulis pencapaian yang sudah dilakukan dengan detail tetapi juga singkat dan jelas.

Rekomendasi Website Buat CV Online Gratis

Pemilihan desain CV bisa turut membantu memperlihatkan karakter Anda. Jika akan melamar pekerjaan di bidang desain, tentu Anda harus menarik hati HRD perusahaan melalui desain CV yang sedemikian rupa.

Rekomendasi Website Buat CV Online Gratis

HRD hanya akan melihat CV Anda dalam waktu yang singkat. Sehingga Anda wajib untuk memberikan desain menarik dengan kalimat yang meyakinkan di dalamnya agar bisa dilirik oleh perusahaan.
Namun, tidak semua orang memiliki keahlian desain. Jangan khawatir, karena saat ini sudah banyak website dan aplikasi online yang bisa membantu Anda membuat CV secara gratis. Simak rekomendasinya berikut ini:

Canva

Canva hadir dalam bentuk aplikasi dan website. Situs online yang digunakan untuk desain bagi para pemula ini juga menyediakan banyak template desain CV yang menarik. Umumnya, Canva memiliki banyak template yang bisa digunakan secara gratis dan bukan hanya desain CV saja.

Berbagai ikon juga tersedia di Canva. Jadi para penggunanya bisa berkreasi sendiri. Anda dapat memilih template CV di Canva sesuai dengan bidang yang Anda minati. Mulai dari CV profesional, modern, minimalis, kreatif hingga yang sederhana sekalipun.

Sayangnya, desain CV di Canva kurang ramah untuk applicant track system atau ATS yang merupakan aplikasi penyaring CV otomatis dan peka terhadap deskripsi teks yang ada di dokumen CV.

Anda buat CV online secara gratis melalui website atau aplikasi Canva yang dapat di-download di Android maupun iOS. Canva menyediakan paket premium untuk Anda yang ingin mengakses seluruh template dan ikon secara bebas hanya dengan Rp 95 ribu per bulan.

CV Maker

Selanjutnya, ada website untuk bikin CV online gratis yaitu CV Maker. Di sini, Anda bisa menemukan banyak template CV profesional yang bisa Anda download dan gunakan tentunya secara gratis. Anda juga bisa langsung membuat CV di website tersebut.

Tinggal klik "Buat CV Anda" maka selanjutnya akan diarahkan untuk mengisi data pribadi, pengalaman serta memilih template CV yang akan digunakan. Mereka menampilkan website yang sangat user friendly sehingga mudah digunakan.

CV Maker sendiri mencantumkan slogan "Peluang Anda mendapat pekerjaan akan meningkat 65%". Hasil resume dapat diunduh dalam berbagai format, seperti PDF, HTML dan TXT. Jadi, Anda juga bisa menjadikan CV lebih ramah ATS

Indeed

Apabila menginginkan desain CV yang lebih simpel, Anda bisa memanfaatkan website gratis bernama Indeed. Tanpa harus login atau registrasi, Anda bisa langsung membuat CV secara online dan gratis.

Penggunanya hanya perlu mengisi formulir informasi yang tersedia dan tabel tambahan lainnya seperti penghargaan, sertifikasi, link hingga grup. Setelah itu, langsung pilih template desain CV yang tersedia dari 10 kategori.

Silakan pilih CV dari kategori simpel, minimalis hingga yang kreatif. Dari seluruh kategori yang ditawarkan oleh Indeed, nuansanya tetap akan lebih bersih dan simpel. Sehingga cocok untuk Anda yang ingin membuat CV profesional.

Resume.io

Pernahkah Anda mendengar tentang CV ATS friendly? CV ATS friendly adalah resume yang didesain khusus untuk bisa lolos seleksi applicant tracking system. Berarti para pelamar harus membuat CV yang bisa dibaca oleh mesin ATS.

Oleh karena itu, CV ATS didesain lebih simpel dan hanya berisi tulisan mengenai informasi pelamar di atas kertas putih. Jika bingung, Anda bisa membuat CV ATS secara online dan gratis melalui situs web resume.io.

Di website tersebut banyak sekali template CV ATS friendly yang bisa Anda gunakan. Biasanya, CV ATS berguna jika Anda ingin mendaftar kerja ke perusahaan-perusahaan besar. Formatnya pun sangat sederhana dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

Kickresume.com

Jika ingin membuat CV profesional, Anda bisa menggunakan website Kickresume.com, karena di sana tersedia banyak template yang memiliki tema resmi dan menonjolkan ruang teks yang cukup luas.
Walaupun memiliki tema profesional yang cenderung simple, template yang tersedia cukup beragam. Template CV dikelompokkan berdasarkan industri pekerjaan, mulai dari IT, desain, manufaktur, kesehatan dan yang lainnya.

Terdapat fitur attachment file yang memungkinkan Anda untuk menambahkan foto atau gambar ke dalam CV. Untuk mempermudah penggunanya, situs Kickresume juga menampilkan fitur proofreading untuk mendeteksi kesalahan pengejaan dan fitur penulisan resume otomatis.

Venngage

Venngage adalah website buat CV online gratis yang memiliki banyak tools editing sehingga penggunanya dapat dengan leluasa memodifikasi elemen-elemen di dalam desain CV. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan grafik atau ikon lainnya ke dalam CV.

Untuk bisa menggunakan website ini, Anda harus melakukan login atau registrasi akun terlebih dahulu. Jika sudah selesai, CV bisa di-download dengan format PDF atau PNG. Di sini, Anda bisa menemukan desain CV yang terlihat profesional juga kreatif.

Novoresume

Jika ingin buat CV online gratis, Anda bisa menggunakan website Novoresume untuk menciptakan resume yang menarik. Para pelamar kerja bisa memilih berbagai template desain yang sesuai dengan kebutuhannya.

Terdapat pula fitur kategori yang mengelompokkan template desain mulai dari Basic, College, Creative hingga Executive. Jadi Anda bisa memilih desain CV yang kreatif hingga resmi. Untuk mengoptimalkan CV, Novoresume menyediakan fitur Live Content Feedback.

Nantinya, CV yang Anda buat akan dikomentari langsung oleh sang pakar agar lebih menarik dan sesuai preferensi HRD perusahaan yang Anda tuju. Anda dapat merapikan CV setelah mendapat saran dari pakar tersebut.

Penutup

Demikian informasi seputar tips membuat CV secara online dengan memanfaatkan website gratis. Semoga dapat membantu dan memudahkan Anda untuk membuat desain resume yang menarik.

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

2 Comments

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang sopan sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

  1. Makasih infonya. Selama ini kalo bikin desain untuk CV, biasanya pakai Canva, ternyata banyak juga ya website untuk membuat CV online gratis... Postingan yang sangat super keren sekali...

    BalasHapus
avatar
Admin Blogger Kalong Online
Selamat datang di Blogger Kalong
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!