Optimasikan Blog di Kelas Gratis BRT Network

bloggerkalong.comSejak menjadi blogger, ini kali pertama saya dapat belajar optimasi blog di kelas gratis BRT Network . Selama ini saya ngeblog hanya terbatas menulis tanpa terlalu mengerti bagaimana cara mengoptimasinya.
Belajar optimasi blog di kelas gratis BRT Network

Agar blog dapat memperoleh banyak pengunjung, maka blog tersebut harus memiliki struktur yang jelas, baik dari penulisan, pemilihan kata kunci dan sebagainya.

Setelah bergabung di kelas gratis BRT Network, saya banyak belajar optimasi SEO yang dipandu oleh Coach Blogger Ruang Tunggu, baik Onpage maupun Offpage dikupas tuntas lebih mendalam.

Mengenal Kelas Gratis BRT Network

Kelas gratis BRT Network merupakan kelas yang khusus mempelajari tentang bagaimana cara mengoptimasikan blog pesertanya agar lebih baik dari sebelumnya. Kelas ini digawangi oleh para Coach yang keren mentereng dengan ilmu-ilmu yang mereka miliki.

Para coach dengan segudang ilmunya memaparkan materi secara gamblang, dan peserta wajib menyimak dan bertanya setelah sesi pemaparan selesai. Proses pembelajaran yang dilaksanakan di grup WhatsApp dan melalui Google Meet. Terdapat aturan yang wajib di ikuti oleh seluruh peserta, diantaranya: 
  1. Peserta wajib menyimak bahasan di kelas, baik oleh coach maupun oleh teman lain yang bisa berbagi ilmu.
  2. Peserta wajib mengikuti seluruh sesi kelas, materi dari coach, dan mengerjakan tugas.
  3. Peserta mempelajari berbagai permasalahan pada blog yang dicari.
  4. Peserta wajib aktif mencari referensi, aktif bertanya, aktif berkreasi, dan;
  5. Pengumpulan tugas wajib disetor sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Tahapan Pembelajaran Kelas Gratis BRT Network

Kelas yang dimulai pada awal bulan Desember 2021 ini, saat pertama kelas berlangsung, semua peserta berkumpul melalui aplikasi Google Meet. Di antara peserta ada banyak yang sudah saling mengenal, dan peserta yang baru pun tidak kalah banyak. Mereka memperkenalkan diri masing-masing, terutama peserta yang baru bergabung dengan kelas gratis BRT Network.

Periksa SSL Blog

Seluruh peserta wajib mengecek blog masing-masing, apakah sudah SSL atau belum. SSL atau singkatan dari  Secure Socket Layer, merupakan salah satu komponen penting yang harus dimiliki sebuah situs web atau blog. Dengan terpasangnya SSL pada web, transfer data di dalam website menjadi lebih aman dan terenkripsi.

Jika sistem keamanan telah ditambahkan pada blog, maka URL blog tersebut akan berubah menjadi HTTPS. Bahkan google chrome sendiri telah melabelinya dengan ikon gembok (Not Secure) pada blog yang telah terpasang Secure Socket Layer.

Periksa Blog dengan Meta SEO Inspector

Di Google Meet, materi pertama yang disampaikan yaitu membahas tentang Meta SEO Inspector. MSI ini merupakan salah satu extension dari google chrome yang berfungsi untuk mengecek apakah SEO Onpege sudah sesuai ataukah belum. 

Meta SEO Inspector merupakan extension dari google chrome

Untuk menggunakan tools ini, peserta harus mengunduh terlebih dahulu ekstensinya. Dengan menggunakan MSI, blog kita akan terlihat beberapa permasalahan atau kesalahan yang ditandai dengan warna merah dan jumlah kesalahan pada template yang digunakan.

Materi SEO Onpage

Menurut Coach Pewe, SEO itu debatable, artinya dapat dibantah dan belum pasti kebenarannya, baik Onpage maupun Offpage. Parameter SEO Onpage yang dijadikan materi pembahasan pada kelas gratis BRT Network sesuai dengan pengalaman mas Pewe sebagai patokannya. Menurut saya pribadi pun, paramater tersebut sudah lengkap dan dapat diterapkan di blog agar lebih baik.

Parameter SEO Onpage

Terdapat 18 parameter SEO Onpage yang dapat diterapkan untuk optimasi blog, antara lain:
  1. Peletakkan kata kunci di judul dan memiliki panjang meta judul maksimal 55 karakter
  2. Kata kunci berada di awal judul
  3. Permalink mengandung judul dan memiliki panjang maksimal 75 karakter
  4. Meta deskripsi terdapat kata kunci dan panjangnya maksimal 155 karakter
  5. Paragraf awal terdapat kata kunci
  6. Tidak perlu kata kunci dengan di bold, italic atau underline
  7. Pada akhir artikel terdapat kesimpulan
  8. Jumlah kata pada tiap artikel harus lebih banyak dari pesaing/kompetitor
  9. Tiap paragraf memiliki 3 atau 4 baris kalimat.
  10. Penempatan header secara berurutan (H1, H2, H3, dan seterusnya)
  11. Peletakkan kata kunci ada di H2 dan H3
  12. Penamaan gambar tanpa spasi atau menggunakan tanda (-) strip di setiap kata.
  13. Terdapat alternatif (Alt) image/video
  14. Penambahan internal link mengarah ke postingan yang relevan
  15. Menggunkan kata kunci LSI
  16. Bagikan postingan blog ke media sosial
  17. Rayapi URL postingan dengan menggunakan tools Google Search Console
  18. Besarnya file gambar maksimal 100kb

Materi Google Analytics dan Google Search Console

Google Analytics dan Google Search Console adalah dua tools gratis yang dapat digunakan untuk menganalisis performa blog atau situs web. Google Analytics digunakan untuk mengukur performa blog terhadap pengguna, sedangkan Google Search Console digunakan untuk mengukur performa blog terhadap mesin pencari Google.

Google Analytics digunakan untuk mengukur performa blog terhadap pengguna

Google Search Console digunakan untuk mengukur performa blog terhadap mesin pencari Google

Selain kegunaan dari kedua tools diatas, GA dan GSC juga dapat digunakan untuk membidik kata kunci. Penulisan artikel dengan menggunakan kueri dari GA yang tepat banyak diminati atau dicari oleh pengunjung. Jika banyak yang menulis melalui kueri pada GA dan GSC, maka akan berpengaruh pada pageview.

Suka dan Duka Ikut Kelas Gratis BRT Network

Selama berada di grup kelas gratis BRT Network, saya memperoleh banyak ilmu baru yang sebelumnya belum saya ketahui, terutama ilmu tentang parameter SEO Onpage dan Offpage. 

Banyak kesulitan yang saya alami dan menemui saat memperbaik template blog. Tapi kesulitan tersebut dapat saya atasi dengan meminta bantuan teman blogger yang lebih mahir, browsing di internet dan dari info grup BRT kelas Desember.

Tidak hanya menemui banyak kesulitan, manfaat yang saya dapatkan lebih banyak lagi, terutama tentang optimasi SEO website yang saya kelola. Motivasi terkuat saya agar bisa bertahan di kelas ini terus belajar lebih giat tentang blog. Selain itu blog bisa memiliki traffic lebih besar dan banyak dikenal. Tentu harapan saya agar bisa menjadi blogger sukses.

Pendapat Teman Tentang Kelas Gratis BRT Network

Setelah mengikuti kelas ini, ada beberapa pendapat dari teman sesama peserta yang saya peroleh langsung dari hasil wawancara, diantaranya:

1. Pendapat Mbak Devi Indriasari

Pendapat dari Mbak Devi Indriasari, pemilik blog  Bundamami Story . Beliau menjelaskan jika pernah ikut kelas gratis BRT Network pada awal bulan Juni lalu diajak teman. Saat itu benar-benar tidak ada bayangan kelasnya akan seperti apa. Setelah ikut, luar biasa kaget karena blank, tidak paham apapun. Seiring berjalannya waktu, melalui browsing dan bertanya, akhirnya mulai mengerti sedikit. 

Ketika daftar kelas Desember, Mbak Devi sudah memiliki bayangan kelas seperti apa yang nanti diikuti dari pengalaman saat mengikuti kelas Juni lalu. Rasa deg-degan lumayan berkurang meski masih ada sedikit.
 
Kesan yang dirasakan setelah mengikuti BRT kelas Desember ini ada beberapa hal baru yang tidak ada di kelas Juni. Kelas Desember dibuat, jadi, mau tidak mau berjuang demi kebaikan bersama satu kelompok. Kesannya, tetap bikin deg-degan terutama saat eliminasi. 

Ketika mengikuti kelas gratis BRT Network bulan Desember yaitu memahami tentang coding yang bertebaran. Karena dasar pendidikannya bukan di IT, maka harus belajar semuanya dari awal. Cara mengatasinya memang harus banyak membaca dan memantau info di grup.

Manfaat yang dirasakan ketika mengikuti kelas gratis BRT Network sangat mudah terlihat adalah performa blog meningkat, termasuk DA (Domain Authority). Sejak awal bulan Desember, DA nya naik 1 poin. Selain itu hal yang paling menyenangkan yakni dapat menambah banyak teman, jaringan untuk memperoleh job, dan menambah banyak ilmu seputar blog. 

Menurutnya, selama berada di kelas gratis BRT Network Desember ini tidak ada hal buruk yang dirasakan. Harapannya semoga hingga kelas berakhir hanya ada hal yang menyenangkan saja.

2. Pendapat Mbak Fadmala Anggriana

Pendapat berikutnya dari pemilik blog Experiences and Adventures  tentang kegiatan kelas gratis BRT Network. Mbak Fadmala menjelaskan jika beliau mengetahui informasi tentang kelas gratis ini dari Mbak Marita di grup Cupuers Blogspedia.

Kesan yang dirasakannya saat beberapa hari ini mengikuti kelas gratis BRT Network, beliau merasa deg-degan meski materinya tidak asing, tapi tetap harus diulang karena banyak yang perlu diperbaiki.

Menurutnya, beliau mengalami kesulitan saat belajar di kelas yaitu pada permasalahan cara menghilangkan og:image yang double. Cara mengatasinya, beliau banyak bertanya dan mencari informasi lain dan langsung mempraktekannya hingga berhasil.

Manfaat yang didapat atau dirasakan setelah beberapa hari di kelas gratis BRT Network Desember, menurutnya memperoleh ilmu dan materi yang diberikan bertambah meski sering mengalami kesalahan dan dicoba lagi hingga berhasil. Proses dalam menemukan solusi pemecahan masalah sangat perjuangan banget.

Yang menjadi motivasi atau penyemangat agar tetap berada di kelas yaitu ingat dengan tujuan awal ikut kelas, yakni bertanggung jawab pada grup yang diikutinya. Mengikuti kelas ini bersama kelompok untuk berjuang bersama agar bisa berhasil.

Harapan yang ingin diraih mengikuti kelas gratis ini muluk-muluk, beliau ingin lulus dan dapat mengerjakan semua tugas yang diberikan hingga selesai dan benar-benar mengerti bagaimana cara mengoptimalkan SEO dengan baik dan benar.

Kesimpulan

Dari serentetan kegiatan selama berada di kelas gratis BRT Network, selain mendapatkan banyak ilmu baru yang sebelumnya belum saya ketahui, terutama ilmu tentang parameter SEO Onpage dan Offpage, saya pun memiliki banyak teman sesama blogger.

Oh iya, dari beberapa Coach yang ada di grup BRT Network Desember ini, menurut saya Coach yang paling perkesan yaitu Mbak Monica dan Mas Punto. Mereka berdua tegas dengan peraturan yang telah disepakati bersama di kelas. Jika ada peserta yang membandel dan tidak dapat mengikuti peraturan yang mengikat di grup, maka tidak ada segan-segan untuk mengeluarkan dari kelas gratis.

Coach yang lain lebih santai dalam menyampaikan materi dan tidak pelit ilmu. Jika ada peserta yang bertanya di grup, tidak segan menjawabnya, namun jika pertanyaan tersebut telah dibahas oleh peserta lain, maka disarankan untuk menggulir materi dari awal agar tidak malas membaca.

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

28 Comments

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang sopan sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

  1. Lengkap dan detail sekali informasi kelas BRT Networknya..
    Wah ini pasti selalu duduk di depan saat di kelas..hehe

    BalasHapus
  2. Jadi penasaran euy setelah ngeliat materi yang disampaikan ini relate banget sama skill yang harus dimiliki narablog. Padahal dari dulu udah ada kelas ini, tapi belum sekalipun ikutan. BTW, emang siapa saja coach yang ngajar?

    BalasHapus
  3. Tadinya pengin ikutan, cuma telat karena lupa isi form. Mau isi udah ditutup 🥲

    BalasHapus
  4. Dewi salut banget kang Syahri masuk kelas ini. Pembelajaran dari BRT tuh bagus dan complit bgt deh.

    BalasHapus
  5. Andaikan bisa, bolehlah ikut kelas ini...baca disini bagus sekali...lengkap dan jelas...

    BalasHapus
  6. Wah saya harus banyak belajar lagi tentang blog nih mas. Selama ini saya nulis di blog sekedar nulis curhatan saja

    BalasHapus
  7. Kapan ya ada kelas gratis lagi, Saya pengen ikutan juga. Lumayan ilmunya daging banget

    BalasHapus
  8. Kalo saja punya kesempatan dan ada waktu luang buat belajar ngeblog. Kepingin bgt ikutan kelas gratis BRT Network. Pasti banyak ilmu yg didapet ya kak

    BalasHapus
  9. Ulasan artikelnya lengkap banget mas. Terimakasih sudah berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang cara optimasi blognya

    BalasHapus
  10. Pantesan DA blog saya rendah banget, ternyata memiliki blog itu harus dioptimasi bener-bener ya mas. Parameter SEO juga ternyata banyak, waah jadi tertarik untuk ikutan kelas ini deh

    BalasHapus
  11. Para choach nya keren-keren abis nih mas. Selain itu mereka gak pelit bagi-bagi ilmu ya mas. Waah beruntung bgt bisa masuk ke kelas mereka

    BalasHapus
  12. Materi yang disampaikan lengkap banget ya kak. Wah, jadi pengen ikutan di kelas gratis BRT Network juga. Kapan ada lagi kelas gratisnya kak?

    BalasHapus
  13. Terimakasih mas,pembahasanya lengkap dan sangat mudah dipahami

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah ya ada kelas gratis seperti ini, bisa sama2 belajar enak gak terbebani dengan biaya yang mahal. Semoga berkah kegiatan positif seperti ini. Belajar sepanjang hayat.

    BalasHapus
  15. Materinya sangat menarik. Ternyata SEO google banyak caranya. Semoga dengan membaca artikel ini bisa menaikan trafik.. terimakasih kang, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  16. Sebagai Blogger pemula yang ingin sukses menjadi blogger profesional harus pinter dan tahu betul tentang blognya, lewat kelas BRT sangat dijelaskan mendetail segala hal yang berkaitan dgn Blog. Tapi sayangnya saya gagal mnyelesaikan kelas ini karena kesibukkan lain, Semoga bisa ikut lagi dikelas berikutnya 😁

    BalasHapus
  17. Og image yg dobel apa tuh ya,, hihi blm paham yg itu,, kl parameter SEO on Page lainnya insyaallah kl nulis artikel coba dipraktikkan jg. Semangat yaa Kanh Syahri

    BalasHapus
  18. Belajar dengan coach yang handal memberikan pemahaman yang maksimal ya Kang. Semangat, semoga semakin sukses Kang Syahri.

    BalasHapus
  19. Materi ini sangat bermanfaat, rekomendasi buat di jalan kan,

    Terima kasih juga buat abang yang sudah buat artikel ini

    Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  20. Menarik pengalamannya Kang Syahri. Jadinya bisa menerapkan dengan baik bukan hanya blog, juga di website yg dikelola ya.

    BalasHapus
  21. Terima kasih sharingnya, Kang Syahri. Aku sebenarnya pingin daftar, tapi telat hehe. Aku ikutin tulisan teman-teman dulu. Biar ikut belajar juga..

    BalasHapus
  22. Saya yang baru memulai belajar ngeblog, kayaknya kalo ikutan kelas gratis ini pasti dapat banyak ilmu yang diterapkan. materinya lengkap banget ya Mas. Kasih info kalo ada kelas garis lagi ya mas.

    BalasHapus
  23. Ternyata parameter SEO itu banyak juga ya kak. Selama ini saya ngeblog hanya sekedarnya, tanpa tau teknik bagaimana cara optimasinya. Terimakasih, sangat bermanfaat kak

    BalasHapus
  24. Akhirnya ketemu artikel yang membahas cara optimasi SEO yang lengkap dengan parameternya. Sangat bermanfaat bagi saya. Sila kunjungi blog saya di Raja Tekno.

    BalasHapus
  25. Sekalian tanya-tanya mas, Blog saya udah setahun domainnya keluapaan gak diperpanjang nih. Mau diperpanjang lagi tapi domainnya udah disewa orang lain. Kalo misalkan pengen sewa domain baru, tapi dengan artikel yang ada dulu gimana ya mas, masih bisa tidak?

    BalasHapus
  26. Dari 18 parameter SEO yang disebutkan diatas, rasanya saya hanya beberapa saja yang sudah diterapkan pada blog saya. Menjadi PR buat saya supaya lebih optimal ngeblog lagi nih.

    BalasHapus
  27. Setelah baca artikel ini, saya jadi tertarik kepengen ikutan kelas gratis BRT Network Mas. Terutama cara bagaimana menaikkan Domain Authority blog. Selama ini DA blog saya mentok diangka 12 aja

    BalasHapus
  28. Ngeblog yang tadinya hanya sekedar hobi ternyata banyak juga teori teknis yang harus dipelajari, saya sejak awal ngeblog hanya iseng dan tidak serius jadi tertantang juga kadang harus memahami tentang optimasi blog.

    BalasHapus
avatar
Admin Blogger Kalong Online
Selamat datang di Blogger Kalong
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!