Waspada, Peretas Curi Data Pribadi Saat Selfie

bloggerkalong.com - Ketika di tengah pandemi, tren kerja dari rumah meningkat, banyak orang ber-selfie untuk memamerkan dirinya tengah WFH. Ada juga yang mengunggah sesi video conference yang dijalaninya, lengkap dengan wajah orang-orang yang mengikuti pertemuan virtual tersebut.
Waspadalah, peretas akan curi data pribadi saat selfie di rumah

Kendati demikian, sebuah unggahan blog baru dari perusahaan keamanan Sophos menunjukkan, penjahat siber bisa memanfaatkan selfie tersebut untuk mencuri data pribadi orang-orang. Bahkan, selfie juga dapat dipakai untuk mengeksekusi identitas atau penipuan finansial.

Peretas Curi Data Pribadi Saat Selfie

Mengutip Merdeka.com, laporan Sophos itu juga menginformasikan ada berbagai cara yang membuat selfie saat WFH dapat jadi sarana mengekspos data pribadi. Misalnya, label pada latar belakang foto bisa dimanfaatkan untuk mengetahui alamat seseorang.

Selain itu, poster yang terpasang di dinding bisa mengungkap informasi mengenai hobi seseorang. Pada gilirannya hal tersebut dapat dimanfaatkan penjahat siber untuk meretas pertanyaan keamanan.
Selain itu, foto-foto perayaan ulang tahun virtual di Zoom atau Teams bisa membuat penjahat siber mengetahui tanggal lahir, mengumpulkan nama-nama teman, hingga anggota keluarga.
Baca juga:
Demikian menurut blog Sophos yang ditulis oleh Associate Professor bidang Keamanan Siber University of Kent Jason Nurse. Memang bisa dimaklumi, saat WFH orang ingin membagikan pengalaman atau kegiatannya, termasuk selfie. Apalagi orang harus tinggal di dalam rumah selama setahun terakhir.

Peluang Bagi Hacker Dapat Keuntungan

Namun para pengguna internet juga harus tahu bahwa apapun yang dibagikan di internet, termasuk selfie, bisa jadi peluang atau cara hacker mendapatkan keuntungan di masa pandemi. 

Biasakan jari jemari Anda agar tidak selalu gunakan HP untuk memposting hal-hal pribadi seklipun. Tren ini juga meningkat seiring dengan banyaknya tagar #WorkFromHome, #RemoteWork, atau #HomeOffice. 

Tagar-tagar tersebut dapat dipakai peretas untuk mengisolasi konten-konten yang mungkin berisi informasi untuk mendukung kejahatan siber. Para penipu dan penjahat siber senang ketika kita membagikan informasi mengenai kehidupan pribadi atau yang berkaitan dengan pekerjaan, secara terbuka di dunia maya.

Selfie saat WFH mungkin terlihat tidak berbahaya, namun sekaligi lagi, kita bisa jatuh ke perangkap kuno: yakni berbagi terlalu banyak informasi di internet dan mengabaikan risikonya.

Bocorkan Data Pribadi Perusahaan

Tak hanya informasi pribadi yang berisiko bocor, selfie saat WFH juga bisa dipakai untuk membocorkan semua jenis data sensitif perusahaan. Analisis gambar lingkungan kerja rumahan telah mengungkapkan kotak masuk email kantor, email internal, nama kolega, halaman web pribadi, software yang dipasang di komputer, dan banyak lainnya.

Untuk memastikan unggahan di media sosial tidak mengekspos data sensitif atau data pribadi, penting untuk selalu memperhatikan apa yang ada di latar belakang foto. Nurse pun mengajak pengguna untuk berpikir dua kali sebelum menggunakan tagar-tagar populer saat mengunggah foto selama WFH.

bm

Blogger amatir yang suka berbagi cerita, informasi dan ilmu pengetahuan melalui tulisan di blog.

3 Comments

Mohon berikan komentar dengan bahasa yang sopan sesuai dengan topik yang dibahas, tidak memasang link hidup, dan tidak meninggalkan spam!.

Terimakasih banyak atas perhatiannya.

  1. Zaman semakin canggih, jenis kejahatan siber pun semakin cerdas. Berarti kita juga harus semakin berhati-hati lagi, nggak boleh sembarangan share ke internet. Bahkan dari foto kondisi kamar pun masih bisa dimanfaatkan untuk celah kejahatan

    BalasHapus
  2. Ngeri juga ya, mudah mudahan kita tidakterperangkap kejahaan seperti ini,

    From Alicyborg Magazine

    BalasHapus
  3. serba susah jg kalau selfi bisa di manfaatkan orang lain dan bener jg sih, kalau mau pinjol kan ada selfi jg ya

    BalasHapus
avatar
Admin Blogger Kalong Online
Selamat datang di Blogger Kalong
Silakan kirimkan pesan untuk bekerjasama dengan kami!